Perlukah Simulasi dalam Pembuatan Program ?

Posted: October 1, 2012 in Uncategorized

Seperti telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, Model simulasi telah digunakan sejak lama untuk memprediksi kesalahan dan kelemahan yang ada pada suatu sistem sehingga kesalahan fatal yang bahkan bisa merengut nyawa manusia dapat dihindari. Sebagai contoh Model Simulasi telah banyak digunakan pada pembuatan mobil , pesawat, dan masih banyak lagi. Juga digunakan dalam bidang bidang lain seperti proyek sipil, olahraga, dan sebagainya.

Namun apakah Model Simulasi diperlukan oleh seorang professional IT untuk membuat sebuah program ?

Berdasarkan Artikel dan beberapa contoh kasus. Model Simulasi sangat penting dalam pembuatan dan uji coba sebuah sistem. Program adalah sebuah sistem yang berisi logika dan aturan yang bisa saja terjadi kesalahan/bug yang dapat berakibat fatal. Dengan menggunakan Model Simulasi, seorang programmer dapat mengetahui letak kesalahan logika yang mungkin terlewat pada saat penulisan kode program sebelumnya. Model Simulasi juga dapat membantu seorang programmer mengerti seperti apakah program yang akan dihasilkan. Model Simulasi dapat dilihat pada artikel awal yang membahas mengenai model simulasi yang digunakan oleh seorang programmer untuk menggambarkan secara sederhana seperti apa program yang akan dihasilkan, menunjukan logika dan algoritma dari alur pengangkutkan lintasan tetap. Dengan demikian jalan pembuatan program dapat terkontrol secara rapih serta meminimalkan kesalahan / bug yang dapat merugikan pemakai program tersebut.

Demikian yang dapat saya bagikan bagi pembaca,  jika ada kesalahan dalam penulisan atau bahkan informasi saya mohon maaf. Sekali lagi artikel ini ditulis berdasarkan opini atas berbagai kasus dan informasi yang telah beredar. Semoga bermanfaat

Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s