SISTEM MODEL SIMULASI DAN PEMANFAATANNYA

Posted: September 27, 2012 in Uncategorized

 

Sistem model Simulasi atau Simulation Modeling System dapat dibagi menjadi 3 ntudefinisi berdasarkan kata kata yang tergabung. Pertama adalah system , yang dimana berarti sebuah aturan, algoritma, logika yang membentuk suatu aksi yang teratur dan bertujuan tertentu. Modeling atau model adalah suatu representasi sederhana yang menggambarkan suatu materi yang ada. Simulation atau simulasi adalah suatu cara dimana kita dapat mempelajari suatu sistem yang ada serta bertujuan untuk memperdalam suatu masalah pada sistem dengan tingkat ketidakpastian yang tinggi.

Jadi dapat disimpulkan Sistem Model Simulasi adalah suatu sistem yang menggambarkan sebuah representasi dari suatu materi serta dibuat sedemikian rupa agar kita dapat memahami suatu system secara detail dan mengerti system yang sedemikian kompleks serta tingkat ketidakpastian yang tinggi.

Sistem Model simulasi dimanfaatkan untuk mempelajari suatu kelemahan system , batas kemampuan suatu system, serta bahaya yang dapat ditimbulkan dengan detil sebelum system tersebut dibangun dan dijalankan secara utuh.

Model simulasi dapat membantu dalam pengambilan keputusan terhadap suatu system karena model simulasi tersebut mempunyai nilai kebenaran yang cukup tinggi.

Namun ada kalanya Model Simulasi memberikan dampak buruk karena model simulasi hanya memberikan perkiraan semata yang sewaktu – waktu bisa berubah karena “factor X” yang tidak dapat diprediksi . Terbukti dari beberapa kasus yang nyatanya sebuah model simulasi tidak dapat memprediksi suatu kesalahan , bahkan memberikan “experience” yang salah terhadap pengguna sehingga berlanjut pada keadaan kritis. Contoh – contoh tersebut akan dipaparkan pada artikel selanjutnya.

Sebagai contoh kita akan mengambil contoh penggunaan Model Simulasi pada Perjalanan Alat Angkut pada Jalur Tetap Di Kota FiktifImage

 

 

Diatas telah diberikan gambaran bagaimana sebuah siklus perjalanan alat angkut pada lintasan tetap. Pemodelan tersebut menunjukan bagaimana nantinya system akan berjalan dan dari model tersebut dapat pula ditarik kesimpulan mengenai kelemahan system dan sebagainya.

Sebagai catatan contoh model tersebut belum lengkap. Saya hanya mengambil sedikit bagian dari seluruh model simulasi yang ada hanya untuk sebagai gambaran bagaimana sebuah model simulasi dapat memberikan manfaat yang banyak bagi pengembangan sebuah system.

Demikian penjelasan mengenai Sistem Model Simulasi. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan . Semoga bermanfaat.

Terima Kasih

Sumber       : http://terusbelajar.wordpress.com/2009/12/22/pengenalan-pemodelan-dan-simulasi/

                   : JURNAL TEKNOLOGI INDUSTRI, 1999, VOL. III, No. 3, hal 149 – 162  ISSN 1410-5004

                                   Yosephine Suharyanti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s